Tips Atasi Anak Picky Eater

Hindari memberi makan anak di area penuh distraksi, seperti di depan TV. Tujuannya agar anak bisa mengisi perut sekaligus menikmati kegiatan tersebut. (Foto: Rainier Ridao/Unsplash.com)

Jakarta: Tak bisa dipungkiri bahwa anak yang pemilih dalam hal makanan (picky eater) membuat orang tua pusing karena takut kebutuhan gizi tak terpenuhi. 

Berikut adalah beberapa tips dari psikolog Tari Sandjojo dalam menghadapi si kecil yang picky eater. 

1. Cari alternatif makanan
Jangan biarkan anak terus mementukan apa yang ingin dimakan. Perhatikan preferenasi lainnya, sekaligus memperkenalkan makanan baru. “Jangan fokus pada apa yang tak disenangi anak, cobalah cari pengganti makanan dengan nilai gizi sama,” tukasnya dalam peluncuran Susu Curcuma Plus, Jumat 19 Oktober 2018. 

(Baca juga: Benarkah Anak yang Pilih-pilih Makanan Tergolong Pintar?)


(Jangan biarkan anak terus mementukan apa yang ingin dimakan. Perhatikan preferenasi lainnya, sekaligus memperkenalkan makanan baru. Foto: Marisa Howenstine/Unsplash.com)

2. Waktu makan yang konsisten
Memiliki jam makan yang teratur juga penting. Ini adalah salah satu cara untuk membentuk kedisiplinan pada usia dini. “Adanya jam yang konsisten membuat anak merasa aman sehingga nyaman dengan lingkungannya,” pungkas Tari, yang membuat anak cenderung tak pemilih dalam makan. 

3. Sediakan area makan yang tenang
Hindari memberi makan anak di area penuh distraksi, seperti di depan TV. Tujuannya agar anak bisa mengisi perut sekaligus menikmati kegiatan tersebut. “Anak jadi merasa kegiatan makan lebih bermakna, sambil ngobrol dengan orang tua. Sebaiknya di satu tempat saja, jangan dibawa keliling ruangan,” saran Tari. 

4. Selipkan makanan yang tak disukai sesekali
Selain mengenalkan menu baru, cobalah sisipkan jenis makanan yang kerap dihindari anak. Biasanya, lama kelamaan anak mulai tertarik mencobanya. “Menurut riset, anak akan mau mengonsumsi makanan yang diperkenalkan hingga 10-20 kali. Jadi, kalau lapar, mereka akan makan.”

(TIN)