Cinta Laura ajak laki-laki ikut divaksin HPV

Jakarta (ANTARA) – Selebiriti Cinta Laura mengajak tak hanya kaum hawa, tetapi juga kaum adam untuk mendapatkan vaksinasi HPV.

Tak seperti perempuan yang bisa terlidungi dari kanker serviks, laki-laki melalui vaksinasi HPV menjaga dirinya tak menularkan virus pada pasangannya.

“Laki-laki sebaiknya dapat vaksinasi HPV. Perempuan dan laki-laki enggak ada salahnya divaksin, sebelum terlambat,” ujar dia di Jakarta, Rabu.

Dalam kesempatan itu, dr. Venita dari yayasan Kanker Indonesia (YKI) Provinsi DKI Jakarta menuturkan bahwa vaksin HPV melindungi laki-laki dari potensi terkena kutil kelamin.

Kutil biasanya berwujud benjolan mirip daging tumbuh di sekitar kelamin dan anus dan ini bisa menyebabkan rasa gatal. Salah satu penyebab munculnya kutil pada kelamin adalah virus HPV.

Untuk para perempuan, Cinta juga menekankan pentingnya skrining HPV. “Skrining sangat penting. Aku senang di Indonesia sudah berkembang kesadaran soal kesehatan. Kalau sudah usia 18 tahun harus cek ke dokter (deteksi kanker serviks),” ujar Cinta.

Baca juga: Divaksin HPV, Cinta Laura-Yuki Kato ajak perempuan cegah kanker serviks

Baca juga: YKI DKI ingatkan pentingnya cegah kanker serviks

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2019