Kevin Spacey hadapi sidang dakwaan

Jakarta (ANTARA News) – Mantan bintang “House of Cards” akan menghadapi sidang dakwaan di pengadilan Massachusetts pada hari Senin waktu setempat (Selasa WIB), atas tuduhan ¬†kejahatan seksual yang pernah dilakukannya terhadap seorang remaja pria berusia 18 tahun pada 2016 silam.

Aktor peraih Oscar itu dijadwalkan akan didakwa di Pengadilan Distrik Nantucket setelah didakwa bulan lalu dengan satu tuduhan penyerangan tidak senonoh di destinasi liburan Nantucket, Massachusetts. 

Spacey mengatakan dalam surat-surat pengadilan bahwa ia berencana untuk mengaku tidak bersalah, seperti dilansir Reuters, Senin.

Dia telah mencoba untuk tidak muncul secara langsung di persidangan, dengan mengatakan dalam surat-surat pengadilan dia percaya bahwa “kehadirannya akan memperkuat publisitas negatif yang telah dihasilkan sehubungan dengan kasus ini.”

Aktor berusia 59 tahun itu merupakan satu dari lusinan pria di industri hiburan, bisnis, dan politik yang dituduh melakukan pelecehan seksual sejak tuduhan terhadap produser film Harvey Weinstein pada 2017 yang memicu gerakan #MeToo.

Lebih dari 30 pria mengatakan mereka adalah korban dari pelecahan seksual yang tidak diinginkan oleh Spacey, yang dipicu setelah aktor Anthony Rapp pada Oktober 2017 menuduhnya mencoba merayunya pada tahun 1986 ketika Rapp berusia 14.

Spacey meminta maaf atas tindakan tidak pantas dengan Rapp. Kontroversi tersebut menyebabkan Spacey, yang memenangkan Academy Award pada tahun 2000 untuk perannya dalam “American Beauty,” dikeluarkan dari serial televisi Netflix “House of Cards” dan dihapus dari film “All the Money in the World.”

Kasus Nantucket pertama kali diajukan pada November 2017 oleh mantan jurnalis televisi Boston Heather Unruh, yang mengatakan kepada wartawan bahwa Spacey meraba-raba putra remajanya pada 7 Juli 2016, di restoran dan bar Club Car.

Putra Unruh mengatakan kepada polisi bahwa Spacey telah membelikannya beberapa gelas bir dan wiski dan berkata pada satu titik, “Ayo mabuk,” menurut dokumen pengisian daya. Spacey juga bertanya kepada remaja itu tentang penisnya dan menggambarkan penisnya sendiri.

Ketika mereka berdiri di sebelah piano, Spacey meraba-raba putra Unruh.

Baca juga: Kevin Spacey akan diseret ke pengadilan bulan depan

Baca juga: Netflix rugi 39 juta dolar gara-gara skandal seks Kevin Spacey

Baca juga: Kevin Spacey ditendang dari film terbarunya

Baca juga: Korban lain Kevin Spacey buka suara

Penerjemah: Monalisa
COPYRIGHT © ANTARA 2019